LRT Jabodebek Resmi Beroperasi Hari Ini! Diskon 78 Persen Hingga Akhir September

by Calon Teknik Sipil - Senin, 28 Agustus 2023 in Berita

Calon Teknik Sipil - LRT (Lintas Raya Terpadu) Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) diresmikan Presiden Joko Widodo pagi hari ini, Senin (28/8/2023) di Stasiun Cawang. Manager Public Relations LRT J...

Calon Teknik Sipil - LRT (Lintas Raya Terpadu) Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) diresmikan Presiden Joko Widodo pagi hari ini, Senin (28/8/2023) di Stasiun Cawang. Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, masyarakat dapat langsung menggunakan LRT Jabodebek mulai pukul 14.00 WIB.

"Warga (bisa menggunakan LRT Jabodebek) setelah seremonial selesai sekitar jam 14.00," ujarnya kepada media, Minggu (27/8/2023) malam. Berdasarkan akun Instagram resmi LRT Jabodebek, untuk hari pertama perngoperasian ini Stasiun Halim masih belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang. Berikut daftar perjalanan terakhir LRT Jabodebek:
- Harjamukti-Dukuh Atas perjalanan terakhir pukul 16.49.
- Dukuh Atas-Harjamukti perjalanan terkahir pukul 17.49.
- Dukuh Atas-Jati Mulya perjalanan terakhir pukul 17.38.
- Jati Mulya-Dukuh Atas perjalann terakhir pukul 16.40

Pada awal pengoperasian LRT Jabodebek, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan diskon 78 persen untuk tarif promo LRT Jabodebek. Tarif promo diberikan untuk menarik masyarakat agar menjajal moda transportasi baru ini. Adapun tarif promo tersebut berupa tarif flat sebesar Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan. Tarif Promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan akhir September 2023. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO). 

"Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023 yaitu sebesar Rp 66 Miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (28/8/2023)

Setelah periode promosi berakhir, Kemenhub akan menerapkan tarif maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh dan di bawah Rp 20.000 untuk selain jarak terjauh. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal Oktober 2023 sampai akhir Februari 2024. Sebagai informasi, tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik. 

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya. Pemerintah memberikan subsidi PSO dengan membiayai selisih dari biaya yang diusulkan oleh operator LRT Jabodebek, agar biayanya lebih terjangkau bagi masyarakat banyak, Tarif yang telah ditetapkan ini telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan. (*)

Repost dari https://money.kompas.com/read/2023/08/28/073816126/lrt-jabodebek-resmi-beroperasi-hari-ini-dibuka-untuk-publik-pukul-1400-wib?page=all 

Related News