Cara Antisipasi Kloset Meledak

by Calon Teknik Sipil - Selasa, 11 Juli 2023 in Konstruksi

Calon Teknik Sipil – Nasib malang menimpa Sahda Yusuf (26) penghuni kos di Sulawesi Selatan saat dirinya sedang buang air besar pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 17.30 WITA. Korban terpental dan tinja ber...

Calon Teknik Sipil – Nasib malang menimpa Sahda Yusuf (26) penghuni kos di Sulawesi Selatan saat dirinya sedang buang air besar pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 17.30 WITA. Korban terpental dan tinja berhamburan keluar. Ia dilarikan ke rumah sakit karena terkena luka bakar 30-40 persen dan terbaring kritis. Setelah diselidiki, ledakan diduga karena buang air besar sembari merokok.

Penyebab Ledakan

Bentuk dari septic tank biasanya berupa bak besar yang dikubur di dalam tanah di area luar bangunan rumah. Namun, septic tank sering tertutup seluruhnya, karena keterbatasan lahan untuk parkiran atau taman.

Setiap proses penguraian kotoran oleh bakteri menghasilkan gas metana yang mudah terbakar. Gas yang terkumpul dan tidak bisa keluar akan menekan dinding septic tank. Gas ini juga akan berpindah ke kloset terdekat.


Related News