Empat Jenis Proyek Konstruksi, Apa Saja?

by Calon Teknik Sipil - Minggu, 04 Juni 2023 in Konstruksi

Calon Teknik Sipil – Proyek konstruksi adalah pekerjaan yang memiliki waktu dengan sumber daya yang terbatas. Tentu saja, setiap jenis pekerjaan konstruksi memiliki kerumitannya masing-masing. Oleh ka...

Calon Teknik Sipil – Proyek konstruksi adalah pekerjaan yang memiliki waktu dengan sumber daya yang terbatas. Tentu saja, setiap jenis pekerjaan konstruksi memiliki kerumitannya masing-masing. Oleh karena itu, umumnya pekerjaan konstruksi dibagi menjadi empat jenis.

  • Konstruksi Perumahan
Pekerjaan konstruksi perumahan (residential construction) Mencakup proyek pembangunan rumah tinggal, perumahan, villa, toko, ruko (rumah toko), gudang, dan sebagainya.


  • Konstruksi Gedung
Pekerjaan konstruksi gedung (building construction) merupakan tipe pekerjaan perumahan tingkat tinggi yang lebih mempertimbangkan aspek fungsional publik serta peraturan bangunan tinggi setempat. Beberapa contoh proyek ini meliputi hotel, perkantoran, mal, dan sebagainya.


  • Konstruksi Industri
Umumnya, konstruksi pabrik memiliki area yang luas dengan jarak antar kolom yang relatif jauh dibandingkan konstruksi rumah dan gedung. Oleh karena itu, jenis pekerjaan dispesialisasikan lebih mendalam pada kategori pekerjaan konstruksi industri (industrial construction). Contoh fisik pekerjaan ini antara lain: pabrik, gudang, perusahaan farmasi, dan sebagainya.


  • Konstruksi Berat
Jenis konstruksi berat (heavy engineering construction) umumnya pekerjaan peningkatan fasilitas untuk publik. Contoh dari proyek ini adalah terowongan, bendungan, jalan, dan lain-lain.

Related News