Taksi Terbang Ehang 216 Hadir Di Konstruksi Indonesia 2023 Sebagai Transportasi Modern di IKN

by Calon Teknik Sipil - Senin, 06 November 2023 in Konstruksi

Taksi terbang asal Tiongkok berpenumpang dua orang siap mengudara di langit IKN Nusantara pada 2024 mendatang

Calon Teknik Sipil - Menteri Koordinasi Perekonomian Airlangga Hartarto tampak melihat lebih dekat taksi terbang buatan RRT (Republik Rakyat Tiongkok), EHang 216, saat membuka acara Konstruksi Indonesia 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Rabu (1/11).

EHang 216 merupakan kendaraan udara yang 100% listrik sehingga ramah lingkungan yang dilengkapi dengan 16 baling-balik dan 8 lengan yang dapat dilipat. Adapun kemampuan terbangnya mencapai ketinggian 3.000 meter dan mampu menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer hanya dalam waktu 21 menit. Taksi terbang ini mampu mengangkut 2 penumpang dengan beban maksimum 230 kg. 

Teknologi penerbangan otonom ini mampu meminimalisir kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error) sehingga keamanannya pun dijamin. Namun Otorita Ibu Kota Nusantara (KN) mengungkapkan taksi terbang ini masih dalam uji coba, mulai dari persiapan landasan terbang (helipad) hingga pengkajian aspek keselamatan. 

Meskipun begitu, EHang 216 telah sukses mengudara lebih dari 30.000 penerbangan kargo maupun penumpang di Jepang, Korea, Amerika Serikat, Tiongkok, hingga Dubai. yang digadang-gadang menjadi salah satu moda transportasi modern di IKN Nusantara di waktu yang akan datang. 



Tags

Related News