The Office of Future: Bukti Nyata Dubai Kembangkan Inovasi 3d Printing

by Calon Teknik Sipil - Selasa, 01 November 2022 in Struktur

Calon Teknik Sipil – Pada tahun 2030, Kota Dubai menargetkan 25 persen wilayahnya dibangun menggunakan teknologi 3D printing. 3D printing merupakan proses penggabungan material menggunakan alat printe...

Calon Teknik Sipil – Pada tahun 2030, Kota Dubai menargetkan 25 persen wilayahnya dibangun menggunakan teknologi 3D printing. 3D printing merupakan proses penggabungan material menggunakan alat printer yang dikontrol menggunakan komputer, sehingga membentuk objek tiga dimensi.

Tidak seperti 3D Printing pada umumnya yang menggunakan plastik panas sebagai bahan baku, The Office of The Future malah menggunakan campuran beton khusus, yang diperas menggunakan selang layaknya printer. Guna memperkokoh bangunan, kontraktor The Office of The Future juga menambahkan serat kaca dan gypsum ke dalam adukan. Struktur atap yang melengkung juga dapat mendukung kestabilan bangunan.

Dengan teknologi ini, proyek dengan luas 250 meter persegi mampu dikerjakan hanya dalam waktu 17 hari dan hanya perlu satu orang operator. 

Related News