Masuk

Institut Pertanian Bogor Resmi Membuka Acara Tahunan: Indonesian Civil and Environmental Festival 2024

by Calon Teknik Sipil - Senin, 19 Agustus 2024 in Berita

Peletakkan Replika Batu Bata Merah oleh Dosen Pembina Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan IPB University sebagai Simbolis Dibukanya Acara ICEF 2024 (Dok. ICEF 2024)

Calon Teknik Sipil - Institut Pertanian Bogor melalui Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan secara resmi membuka acara Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) 2024, yang diadakan di Balairung Abdul Muis Nasution pada Minggu, 18 Agustus 2024. Acara ini mengusung tema “Penerapan Konsep Infrastruktur Berkelanjutan dalam Menghadapi Transformasi Perkotaan Modern yang Resilience terhadap Pola Hidup”.

Peresmian dibuka secara simbolis oleh Bapak Andik Pribadi, S.TP., M.Sc., Dosen Pembina Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, dengan menyusun tiga buah replika bata merah. Beliau didampingi oleh Project Officer ICEF 2024, Chandra Saputra Wutabisu, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, Muhammad Aditya Resqiyanto. Acara ini disambut meriah oleh lebih dari 84 peserta lomba yang hadir.

Bapak Andik Pribadi menyatakan bahwa kegiatan ICEF 2024 diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik serta inspirasi tentang bidang Teknik Sipil dan Lingkungan kepada para peserta.

“Sebagai salah satu departemen yang cukup baru di IPB, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang akan dipelajari di Teknik Sipil dan Lingkungan,” ujarnya, menambahkan, “Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya dan memberikan inspirasi bagi adik-adik semua yang hadir.”

Panitia ICEF 2024 juga menyelenggarakan talkshow yang menghadirkan dua alumni Teknik Sipil dan Lingkungan IPB University Angkatan 57, Afif Aminudien, S.T., dan Nur Wahid Dimas Saputro, S.T., didampingi oleh moderator Rafi Salman. Talkshow ini bertujuan untuk menginspirasi peserta dalam mendukung tren positif infrastruktur hijau dan kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan.

Setelah waktu istirahat makan siang dan ibadah, para peserta juga diajak berkunjung ke beberapa laboratorium seperti Lab Struktur dan Lab Mekanika Fluida. Kegiatan selanjutnya meliputi pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), pelatihan mengendalikan pesawat nirawak (drone), serta pelatihan cara mengukur luas lahan menggunakan alat theodolite.

ICEF merupakan program kerja tahunan berskala nasional dari Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan (HIMATESIL) IPB University yang ditujukan untuk pelajar menengah atas atau sederajat dan mahasiswa di seluruh Indonesia. ICEF dimulai dengan rangkaian Road Show, Opening, Pelatihan, Kompetisi, Seminar, Job Fair, dan diakhiri dengan Closing.

Dengan tema besar “Penerapan Konsep Infrastruktur Berkelanjutan dalam Menghadapi Transformasi Perkotaan Modern yang Resilience terhadap Pola Hidup”, ICEF 2024 diharapkan dapat meningkatkan ide-ide inovatif dalam mendukung pembangunan Indonesia, khususnya dalam penerapan bangunan hijau yang terintegrasi dengan lingkungan serta pengamalan konsep Sustainable Development Goals.

Redaksi Calon Teknik Sipil
Penulis: Andrew Rian 
Editor: Andrew Rian


Related News